20 Januari 2016

Hour of Code

0

Matahari cerah berada pada posisi yang menunjukkan pukul 9.30 pagi di tanggal 17 Januari 2016 kemarin. Suasana hiruk-pikuk sudah sangat terasa di Jakarta. Seperti tak mau kalah dengan kegiatan orang-orang lain, adik-adik Ichi juga sedang menyibukkan diri dengan laptop dan gawai lainnya di dalam kelas.

Hari ini tak seperti biasanya, adik-adik Ichi diperbolehkan untuk memainkan gawai yang telah tersedia. 

Karena hari ini saatnya Hour of Code! Jadi, Hour of Code merupakan suatu gerakan yang diprakarsai oleh code.org untuk memperkenalkan keseruan dari membuat sebuah aplikasi atau permainan menggunakan bahasa pemrograman dengan cara yang mudah dipahami. Sederhananya, Hour of Code akan mengenalkan apa itu ngoding dan dasar-dasar illmu komputer kepada adik-adik Ichi. Seru kan!

Keseruan ini dimulai dengan pembagian kelompok berdasarkan umur. Hal ini dimudahkan dengan pilihan yang tersedia pada web Hour of Code yang menyediakan bentangan umur untuk permainan yang disediakan (https://code.org/learn) sehingga para kakak pengajar tidak berasumsi akan tingkat kesulitan disetiap permainan tersebut. Lalu setelah aba-aba dimulai mulai dikumandangkan, dengan sigap mereka langsung memilih permainan apa yang akan mereka bangun pada kelompoknya masing-masing. Yah, tak sulit ditebak, Frozen langsung menjadi pilihan favorit mereka. Ditambah dengan kedatangan Mas Aranggi beserta keluarga dari Clevio (http://clevio.co/camp/) yang senantiasa membimbing kami untuk menyelesaikan permainan tersebut, kelas hari ini menjadi semakin menyenangkan. Tak lupa juga Mas Ingki (Kompas) yang menyempatkan datang untuk menyumbangkan beberapa keseruan di sana.
















Kelas berlangsung selama satu jam. Tak disangka-sangka, adik-adik Ichi sangat antusias untuk menyelesaikan semua stage pada permainan tersebut sehingga mereka meminta tambahan waktu selama 15 menit. Tak puas dengan satu permainan saja, mereka menyelesaikan dua atau tiga lainnya agar sertifikat yang mereka dapatkan semakin banyak. Tak ingin kalah dengan yang lain adalah sifat umum dari anak-anak.

Tibalah dipenghujung kelas. Sebelum kelas dibubarkan,  kami mendapat kabar baik dari Mas Aranggi bahwa dua dari beberapa adik Ichi akan mendapatkan beasiswa di Clevio selama 4 bulan. Surprise surprise! Mendengarnya saja bulu kuduk kami langsung bereaksi secara berlebihan. Dan, Alhamdulillah, yang terpilih adalah Riri dan Puja. YES, WE ARE SO PROUD!

Lengkaplah sudah kebahagiaan hari itu. Bermain dengan bahasa pemrograman menggunakan sebuah permainan bersama adik-adik Ichi dan juga kabar baik dari Mas Aranggi yang berhasil membuat rasa panas hari itu menjadi kesejukan yang melegakan.



Jadi, Adik-adik Ichi aja bisa ngoding, masa kakak enggak!

- Ken Mentari

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.