21 Desember 2014

Kelas menghias botol

bella dan kak rey

Sejak minggu kemarin, kegiatan kelas rumah belajar ichi menjadi semakin seru aja. Kalau minggu kemarin kak Amy mengajar adik-adik cara melipat kertas dan membuat hiasan, minggu ini Kak Rey mengajarkan menghias botol bekas menjadi hiasan yang cantik.



Kelas minggu pagi ini dihadiri oleh kak Satu, kak Rey, kak Aya, kak Sofwan dan juga kak Dhila. Adiknya seperti biasa, ada Puja, Riri, Bella, Hanum, Sasi, Puput, dan ada juga Zahra dan Ana. April dan Safa juga ikut walaupun masih hanya melihat kakak-kakaknya berkreasi dengan botol bekas.

kak dhila dan ana

kelompok riri dan puja

Setelah doa pembuka dibaca, kak Rey menjelaskan bahwa barang bekas itu bisa digunakan kembali dan diperindah. Salah satu yang bisa digunakan adalah botol kaca. Kami meminta para adik membagi kelompok yang terdiri dari dua orang. Kak Rey mulai membagikan bahan-bahannya. Tidak hanya adik-adik rupanya, kak Satu juga mau ikut membuat hiasan ini.

Bahan :
- Botol bekas dari kaca
- Tali berwarna, kira kira sepanjang 1m atau lebih
- Lem fox dan sendok nya dari kardus
- Setangkai bunga
- Gunting
- Solatip
- pita

Cara membuat :
1. Gunting salah satu ujung tali agar runcing. Kemudian beri solatip pada ujungnya, dan tempal di bagian bawah botol, mendekati pantat botol.
2. Kemudian tambahkan lem pada setengah bagian botol didekat tali. Lalu tali dililitkan secara rapih melingkari botol hingga memenuhi setengah bawah botol
3. Sampai tali habis, terus lingkari, dan ujung akhirnya direkatkan dengan lem, ke bagian tubuh botol. Dipegang erat hingga beberapa saat sampai tali merekat pada botol dengan baik
4. Beri pita pada bagian atas botol.
5. Tambahkan setangkai bunga pada isi dalam botol. Botol bekas pun sekarang menjadi hiasan rumah yang cantik

puja dan riri

puput dan hanum

bella dan sasi

ahmad dan vita

Adik-adik dengan cermat melakukan tahapan tersebut bersama rekan sekelompoknya. Ada yang bisa melakukan nya dengan baik, ada juga yang memerlukan bantuan. Hingga akhirnya semua kelompok selesai dan semua botol berisi bunga.

Kelas hari ini asik sekali. Alhamdulillah.

ana dan kak aya