29 September 2014

Lari Pagi di Universitas Indonesia

Begitu mendengar di Universitas Indonesia akan dilangsungkan Car Free Day, saya langsung memikirkan ide : bagaimana kalau adik adik diajak lari pagi kesana. Selain lokasi yang tidak begitu jauh, di UI juga banyak pohon-pohon jadi larinya bisa lebih adem dan tidak gersang seperti di bundaran HI. Dan siapa tau juga, mereka jadi secara tidak sadar bisa timbul semangat agar nantinya bisa masuk kuliah disana, ya ga?

Jadilah kami kesana minggu pagi itu. Berhubung kakak yang ikut menemani juga tidak banyak, hanya saya, kak putri dan kak vani, sempat khawatir kalau adik yang ikut ada banyak dan tidak bisa diawasi penuh. Untungnya cuma 11 adik di pagi kemarin, memudahkan mengawasinya.

















23 September 2014

Kelas 20 September 2014


Kerinduan ingin bertemu dan belajar bersama adik2 di Rumbel ICHI alhamdulillah akhirnya bisa terobati di hari ini. Kelas yang biasanya diadakan di hari Minggu, kali ini juga diadakan di hari Sabtu, agar kami bisa memfasilitasi keinginan adik2 yang ingin belajar dengan ketersediaan waktu kakak2nya. Hari ini kami berenam yang belajar bersama mereka termasuk saya, ada kak Ken, kak Mey, kak Eltina, kak Mitha dan ada kak Emy juga yang dari Bulgaria.


Setibanya di Rumbel, adik2 sudah duduk rapih belajar, dan ternyata sebagian adik2 yg sdh duduk di bangku kelas 5 SD keatas sedang mengajari adik2nya yang usia TK, alhamdulillaah senaanng banget melihat kemajuan ini setelah sekian lama saya tidak berkunjung ke Rumbel.


Adalah Jelita (kelas 1 SD) yang tiba-tiba langsung menghampiri dan menunjukkan bukunya untuk minta dibuatkan latihan soal matematika, dia salah satu dari sekian adik2 yang cerdas yang semangat belajarnya tinggi. Kemudian ada Raka, April, Fahri (usia TK A) dan Rama (kelas 2 SD) yang senang sekali mewarnai. Kebetulan tadi bawa 1 buku mewarnai yang unik hasil pemberian dari teman utk mereka belajar, uniknya buku ini krn ada alat peraga yang bisa membuat gambar jadi lebih hidup, alhasil buku tersebut jadi rebutan karena cuma satu, dan akhirnya saya sobek jadi lembaran-lembaran dan dibagikan ke mereka biar adil dan bisa mewarnai sama-sama...maaf ya buku...hiks...


Sambil menunggu mereka mewarnai, saya coba hampiri satu grup adik2 usia TK lainnya, ada 5 orang diantaranya ada Zahra, Ani dan Rani... begitu saya hampiri, mereka smuanya langsung kompak menanyakan kenapa gigi saya pakai kawat ? ... (hiks...krn ini adalah pertanyaan dari mereka untuk yang kesekian kalinya setiap kami bertemu...hiks), jadilah lagi-lagi saya berceloteh sedikit mengarang cerita dgn jawaban karena wkt kecil saya malas sikat gigi... dan langsung direspon oleh mereka kalau mereka rajin sikat gigi kok... sambil tanya lagi...sakit ya kak ?...saya jawab iya... dan berlanjut bercerita tentang kesehatan gigi...sampai akhirnya mereka masing-masing ingin pegang kawat giginya loh...*gleks*..huaaa...perasaannya saat itu antara malu dan lucu dan gemeess sama krucil-krucil ini... dan merekapun terus berceloteh tentang keseharian mereka masing-masing dan lima-limanya gak mau kalah bercerita hehehe....seruu..rameee...


Begitu juga dengan kakak-kakak lainnya, yang sudah sibuk dengan adik-adiknya masing-masing, termasuk kak Emy yang mengajar Matematika dan Bahasa Inggris. Dan terakhir sebelum pulang, beberapa adik-adik menghampiri lagi untuk minta dibuatkan soal Matematika sebagai PR, setelah itu barulah kami berfoto-foto ria....narsiiss...apalagi kak Mitha bawa tongsis...kehebohan makin menjadii deh hehe....seneengg banget liat ekspresi mereka semua...meskipun adik-adiknya tidak lengkap karena sebagian sudah pulang tapi semuanya seruuu. Satu kata untuk hari ini... LUAR BIASA !!! ... (*eh dua kata deng) ^_^ .... tetap semangaatt semuanyaa ... love today ^_^

Kak Ami


14 September 2014

Kelas 13 September 2014

Ini kelas pertama setelah beberapa lama kelas tidak diadakan karena kesibukan kakak pengajar. Bulan ini saya udah di Jakarta lagi dan jelas udah lama menanti-nanti kesempatan bisa belajar bareng adek-adek kalibata lagi.

" Kak, sering kita tungguin kalo minggu pagi tapi ngga ada kakak yang dateng " , kata salah satu dari mereka beberapa hari sebelum hari ini. Keliatan mereka semangat untuk belajar di kelas, yah walaupun mungkin tidak 100% belajar dan masih ada mau mainnya, tapi itu uda tanda yang oke buat saya. Mereka membuka tangan dan mau dekat. Kalau dekat, hatinya bisa diambil dan mereka bisa mencontoh yang baik-baik.

Karena keliatannya kakak lain juga masih sibuk, saya memutuskan untuk mengajak beberapa teman lain. Alhamdulillah kelas hari ini lancar. Kak Mitha dan kak Eltina dari Sahabat Anak Manggarai sangat membantu. Juga ada kak Emi dari Bulgaria, yang mengajar bahasa inggris. Ada juga kakak pengajar baru yaitu kak Dhila Wilda. Selain itu ada saya dan kak Emmy Emaniza.

Hal unik hari ini adalah melihat Hanum mengajar adik-adik PAUD karena kakak pengajarnya belum datang. Walaupun masih kelas 4, Hanum keliatan udah mengajar dengan sabar dan perlahan. Sedikit berbeda dengan adik lain yang kadang-kadang saya iseng bertanya, "kamu mau ngajar anak kelas 1, ngga?" yang mana pada umumnya reaksinya adalah penolakan.

Saya sempat mendokumentasikan kegiatan kelas secara singkat. semoga terhibur !